Cara Merawat & Menjaga Komputer

- 12.00

Cara Merawat & Menjaga Komputer

 
Cara Merawat Komputer agar awet ~ Merek komputer apapun andai tak di awasi yang dengannya baik maka tak awet, Kamu ingin komputer kamu mampu awet, tahan lama serta tak cepat rusak? Ada beberapa tatacara merawat komputer agar kondisinya awet serta tentunya tahan lama serta semakin prima. Sobat mampu praktekkan serta mengawali melindungi computer yang dengannya baik. Sobat baca tatacara melindungi computer agar awet dibawah ini :
1. Tutup/close program yng tak perlukan
Setiap program yang diload ataupun dijalankan butuh memory (RAM) menjadikan makin tidak sedikit program yang dijalankan makin tidak sedikit memory yang tersita. Hal ini selain bisa memicu komputer kamu berjalan lambat (lelet) pula beban kerja komputer kamu menjadi lebih berat yng akhirnya akan bisa memperpendek umur komponen pada komputer kamu.
2. Ventilasi yng cukup
Maksudnya merupakan tempatkan monitor ataupun CPU kamu sedemikian rupa menjadikan ventilasi udara dari tembok ke monitor / CPU cukup lebar serta udara yng masuk cukup lancar. Ventilasi yang tidak lebih baik akan memicu panas berlebihan menjadikan komponen/rangkaian elektronik di dalamnya akan menjadi cepat panas menjadikan bisa memperpendek umur komponen yang telah di sebutkan. Oleh lantaran itu usahakan jarak antara monitor/CPU yang dengannya dinding/tembok minimal 30 cm. Andai butuh pasang kipas angin di dalam ruangan.
3. Install program antivirus serta updatelah secara terencana
Bagi atau bisa juga dikatakan untuk bisa mengenali virus-virus baru pada komputer kamu sebaiknya update program antivirus kamu secara terencana. Virus yng terlanjur menyebar di komputer kamu bisa membuat kamu menginstall ulang komputer kamu. Hal ini selain butuh biaya pula akan memicu harddisk kamu akan lebih cepat rusak dibanding andaikan tak Suka diinstall ulang.
4. Uninstall ataupun Buang program yng tak kamu genakan
Ruang harddisk yng terlalu tidak sedikit tersita akan memperlambat proses read/write harddisk kamu menjadikan beban kerja komputer kamu akan lebih berat menjadikan harddisk pula akan cepat rusak.
5. Pakailah UPS/Stabilizer.
Gunakanlah UPS bagi atau bisa juga dikatakan untuk mengantisipasi listrik mati/padam secara mendadak yng bisa menghasilkan kerusakan pada komponen komputer kamu lebih-lebih pada harddisk. Andai kamu tak ada UPS, gunakanlah Stabilizer bagi atau bisa juga dikatakan untuk mengantisipasi serta menstabilkan naik turunnya tegangan listrik.

6. Defrag harddisk kamu secara terencana.
Fungsi defrag merupakan bagi atau bisa juga dikatakan untuk menata serta mengurutkan file-file harddisk didasari jenis file/data sedemikian rupa agar mempermudah proses read/write pada komputer kamu menjadikan beban kerja komputer kamu pula akan lebih ringan yng akhirnya bisa memperpanjang umur harddisk.
Tatacaranya klik menu Start > Program > Accesories > System Tool > Disk Defragmenter. Era menjalankan fungsi ini tak boleh ada program lain yang berjalan salah satunya screensaver yng aktif pada komputer kamu lantaran akan mengacaukan fungsi defrag ini.
7. Aktifkan screensaver pada komputer kamu.
Selain bersifat estetis, screensaver memiliki fungsi lain yng penting. Monitor CRT pula televisi mempergunakan fosfor bagi atau bisa juga dikatakan untuk menampilkan gambar. Andai monitor menampilkan gambar yng percis bagi atau bisa juga dikatakan untuk beberapa era maka ada fosfor yng menyala terus menerus. Hal ini bisa menghasilkan monitor kamu bermasalah yakni gambar menjadi redup/tidak lebih terperinci. Lain halnya andai monitor kamu merupakan LCD, LED yang telah dilengkapi yang dengannya energy saving, maka screensaver tak terlalu dibutuhkan lagi. Cara mengaktifkan screensaver bisa di lakukan yang dengannya tidak sedikit tatacara, di antaranya klik Start > Control Panel > Display > klik tab screensaver, lantas pilih sesuai selera.
8. Bersihkan Recycle Bin ataupun file-file sampah secara rutin
Sebetulnya file/folder yng kamu hapus tak langsung hilang dari harddisk lantaran akan ditampung berlebi dahulu di Recycle Bin ini yang dengannya maksud agar suatu era andaikan kamu masih membutuhkannya bisa mengembalikan lagi. Recycle Bin yng telah tidak sedikit pula akan menyita ruang harddisk yang bisa memicu pembacaan harddisk jadi lambat/lelet.
Tatacaranya jalankannya, di Windows Explorer > klik Recycle Bin > klik File > klik Empty Recyle Bin Ataupun bisa menjalankan fungsi Disk Cleanup Tatacaranya Klik Start > Program > Accessories > System Tool > Disk Cleanup > lantas pilih drive yng mau dibersihkan > sesudah itu centangilah opsi Recycle Bin kalau butuh centangi pula yng lain (semisal temporary file, temporary internet file), sesudah itu klik OK.
9. Pasang kabel ground
Casing computer terkadang nyetrum era dipegang, pasang kabel ground bagi atau bisa juga dikatakan untuk mengantisipasi casing nyetrum. Tatacaranya ambil kabel yang dengannya panjang seperlunya, ujung satu dihubungkan yang dengannya badan CPU (pada casing) sedangkan ujung yang lain ditanam dalam tanah. Hal ini akan bisa menetralkan arus listrik yng “nyasar” pada komputer kamu menjadi hilang serta tak menyetrum lagi serta hal ini pula bisa membuat komponen elektronik pada komputer kamu lebih awet serta tahan lama.
10. Jangan meletakkan Speaker Active terlalu dekat yang dengannya monitor
Hal ini kedengarannya semisal hal biasa di lakukan, lantaran pada biasanya speker diletakkan dekat di sisi kiri monitor serta sisi kanan monitor agar terlihat lebih rapi. Akan tetapi tanpa kamu sadari medan magnet yng ada pada speaker yang telah di sebutkan akan memberi pengaruh monitor yakni warna monitor menjadi tak rata ataupun belang-belang. Bisa kami sarankan jarak speaker active kamu masing-masing sebelah kiri serta kanan merupakan 30cm agar medan magnet pada speaker tak memberi pengaruh warna monitor kamu.
11. Bersihkan motherboard & periferal lain dari debu secara terencana
Setidaknya enam bulan sekalilah hal ini Perlu kamu lakukan. Buka casingnya berlebi dahulu lantas bersihkan motherboard serta periferal lain (RAM, Video Card, Modem, Sound Card, CDR/CDRW/DVRW, kipas, dll) yang dengannya sikat halus. Pada era komputer tak dipakai tutuplah komputer (monitor, CPU, keyboard/mouse) yang dengannya cover menjadikan debu tak gampang masuk ke dalam komputer kamu.
@Semoga_Bermanfaat

Sumber Rujukan Dan Gambar : http://opsptd.blogspot.com/2015/04/cara-merawat-menjaga-komputer.html

Seputar Cara Merawat & Menjaga Komputer

Advertisement
 

Cari Artikel Selain Cara Merawat & Menjaga Komputer