153 Narasumber Nasional Siap Latih Instruktur Nasional Kurikulum 2013

- 22.12

153 Narasumber Nasional Siap Latih Instruktur Nasional Kurikulum 2013

 

Revisi Kurikulum 2013 sudah selesai. Era ini perjalanan Kurikulum 2013 pascarevisi sudah memasuki tahap pelatihan Instruktur Nasional (IN) yng akan menyosialisasikan hasil revisi Kurikulum 2013 kepada instruktur provinsi, kabupaten serta kota, sampai-sampai akhirnya hingga ke guru sasaran. Menteri Pendidikan serta Kebudayaan (Mendikbud) Anies Baswedan pun mengukuhkan 153 Narasumber Nasional bagi atau bisa juga dikatakan untuk memberikan pelatihan kepada 761 Instruktur Nasional.
Pengukuhan 153 Narasumber Nasional Kurikulum 2013 berlangsung di Gedung Garuda, Pusat Pendidikan serta Pelatihan (Pusdiklat) Kemendikbud, Bojongsari, Depok, Jawa Barat, pada Minggu pagi (20/3/2016). Di hari yng percis, akan dimulai Pelatihan Instruktur Nasional Kurikulum 2013 bagi atau bisa juga dikatakan untuk angkatan pertama di Tahun Ini ini, yng akan berlangsung sampai-sampai 24 Maret Tahun Ini.
Mendikbud menekankan besarnya tanggung jawab yng diemban para Narasumber Nasional dalam memberikan diklat kepada Instruktur Nasional. Ia mengatakan, pemahaman Narasumber Nasional ke Instruktur Nasional akan diteruskan ke instruktur provinsi, kabupaten serta kota, menjadikan tatacara Narasumber Nasional mengelola materi serta paparan Perlu mencerminkan tatacara kurikulum bekerja.
"Narasumber Nasional merupakan orang-orang terpilih dan istimewa. Mereka adalah para guru, komponen akademisi, tim penyusun kurikulum, penulis buku, dan penyusun assessment, yang dituntut memiliki pemahaman lengkap, komprehensif dan substantif tentang Kurikulum 2013," katanya era acara pengukuhan.
Mendikbud pula mengatakan Narasumber Nasional merupaka Duta Kemendikbud dalam menyosialisasikan perubahan Kurikulum 2013. Lantaran itu diharapkan para Narasumber Nasional mampu membawa nama baik Kemendikbud serta membawa pesan positif mengenai Kurikulum 2013. Selain itu, Narasumber Nasional pula mengemban tanggung jawab yng Amat penting menjdai hulu penyampaian Kurikulum 2013.

"Bapak dan Ibu sebagai Narasumber Nasional harus bisa membayangkan bagaimana paparan penjelasan materi yang Bapak/Ibu sampaikan akan sampai pula secara berjenjang hingga ke tingkat sekolah. Dalam seluruh proses itu, perhitungkan potensi deviasi. Perhitungkan potensi pemahaman yang berbeda. Pastikan semua pemahaman itu benar," tutur Mendikbud.
Yang terakhir, ia berpesan agar pata Narasumber Nasional mampu melindungi kebaruan, tak cuma perihal materi Kurikulum 2013, namun pula yang dengannya pendekatan ataupun metode yng tak konvensional. Mendikbud berharap Narasumber Nasional mampu menjadi fasilitator yng merangsang munculnya pikiran-pikiran serta gagasan baru selain memberikan materi ataupun bahan yng sudah disiapkan.
"Yang akan kita hadapi adalah anak-anak kita yang akan mengalami era yang berbeda. Saya berharap Bapak/Ibu menjalankan ini (diklat) dengan metode yang tidak konvensional. Seperti suasana proses belajar Kurikulum 2013 yang aktif, maka diklat Instruktur Nasional juga harus memiliki suasana pembelajaran yang aktif," katanya.
Pelatihan Instruktur Nasional Kurikulum 2013 akan berlangsung selama empat hari, yakni 20 s.d 24 Maret Tahun Ini di Pusdiklat Pegawai Kemendikbud, Depok, Jawa Barat. Para Narasumber Nasional yng akan melatih Instruktur Nasional itu sudah mengikuti pelatihan sendiri pada 10 s.d 12 Maret Tahun Ini. Pemilihan Narasumber Nasional di lakukan oleh direktorat-direktorat di Ditjen Pendidikan Dasar serta Menengah (Dikdasmen) didasari jenjangnya, yakni SD, SMP, SMA, serta SMK. Narasumber Nasional terdiri dari guru, pengawas, penulis buku, serta pejabat Kemendikbud yng terlibat dalam penyusunan Kurikulum 2013, yng ditunjuk serta ditetapkan direktorat-direktorat di Ditjen Dikdasmen. @Semoga_Bermanfaat

Sumber Rujukan Dan Gambar : http://opsptd.blogspot.com/2016/03/153-narasumber-nasional-siap-latih.html

Seputar 153 Narasumber Nasional Siap Latih Instruktur Nasional Kurikulum 2013

Advertisement
 

Cari Artikel Selain 153 Narasumber Nasional Siap Latih Instruktur Nasional Kurikulum 2013