Selamat Hari Sumpah Pemuda 28 Oktober Tahun Ini

- 17.47

Selamat Hari Sumpah Pemuda 28 Oktober Tahun Ini

 

http://kabartelat.blogspot.com/ Kata Ucapan Serta Gambar Selamat Hari Sumpah Pemuda 28 Oktober
Tanggal 28 Oktober, di Indonesia diperingati menjdai hari sumpah pemuda. Mungkin ada yng belum tau kenapa pada tanggal yang telah di sebutkan diperingati menjdai hari sumpah pemuda. Oke di artikel ini saya akan mengulas tidak banyak wacana peristiwa yng terlaksana pada tanggal 28 Oktober.
Peristiwa Sumpah Pemuda adalah suatu pengakuan dari Pemuda-Pemudi Indonesia yng mengikrarkan satu tanah air, satu bangsa serta satu bahasa. Sumpah Pemuda dibacakan pada tanggal 28 Oktober 1928 hasil rumusan dari Kerapatan Pemoeda-Pemoedi ataupun Kongres Pemuda II Indonesia yng sampai-sampai kini per tahunnya diperingati menjdai Hari Sumpah Pemuda.
Kongres Pemuda II dilaksanakan tiga sesi di tiga tempat berbeda oleh organisasi Perhimpunan Pelajar Pelajar Indonesia (PPPI) yng beranggotakan pelajar dari seluruh wilayah Indonesia. Kongres yang telah di sebutkan dihadiri oleh aneka macam wakil organisasi kepemudaan yakni Jong Java, Jong Batak, Jong, Celebes, Jong Sumatranen Bond, Jong Islamieten Bond, Jong Ambon, dsb dan pengamat dari pemuda tiong hoa semisal Kwee Thiam Hong, John Lauw Tjoan Hok, Oey Kay Siang serta Tjoi Djien Kwie.
Gagasan penyelenggaraan Kongres Pemuda Kedua berasal dari Perhimpunan Pelajar Pelajar Indonesia (PPPI), sebuah organisasi pemuda yng beranggota pelajar dari seluruh Indonesia. Atas inisiatif PPPI, kongres dilaksanakan di tiga gedung yng berbeda serta dibagi dalam tiga kali rapat.
Rapat pertama, Sabtu, 27 Oktober 1928, di Gedung Katholieke Jongenlingen Bond (KJB), Waterlooplein (saat ini Lapangan Banteng). Dalam sambutannya, ketua PPPI Sugondo Djojopuspito berharap kongres ini bisa memperkuat semangat persatuan dalam sanubari para pemuda. Acara dilanjutkan yang dengannya uraian Moehammad Yamin wacana arti serta hubungan persatuan yang dengannya pemuda. Menurutnya, ada lima faktor yng mampu memperkuat persatuan Indonesia yakni sejarah, bahasa, hukum norma, pendidikan, serta kemauan
Rapat kedua, Minggu, 28 Oktober 1928, di Gedung Oost-Java Bioscoop, membahas masalah pendidikan. Kedua pembicara, Poernomowoelan serta Sarmidi Mangoensarkoro, berpendapat bahwasanya anak Perlu mendapatkan pendidikan kebangsaan, Perlu juga ada keseimbangan antara pendidikan di sekolah serta di rumah. Anak pula Perlu dididik secara demokratis.
Pada rapat penutup, di gedung Indonesische Clubgebouw di Jalan Kramat Raya 106, Sunario menjelaskan pentingnya nasionalisme serta demokrasi selain gerakan kepanduan. Sedangkan Ramelan mengemukakan, gerakan kepanduan tak mampu dijauhkan dari pergerakan nasional. Gerakan kepanduan sejak dini mendidik anak-anak disiplin serta mampu berdiri diatas kaki sendiri, hal-hal yng dibutuhkan dalam perjuangan.
@Semoga_Bermanfaat

Sumber Rujukan Dan Gambar : http://opsptd.blogspot.com/2015/10/selamat-hari-sumpah-pemuda-28-oktober.html

Seputar Selamat Hari Sumpah Pemuda 28 Oktober Tahun Ini

Advertisement
 

Cari Artikel Selain Selamat Hari Sumpah Pemuda 28 Oktober Tahun Ini