Daftar Sekolah Teridentifikasi Peserta Didik Berganda Tahun Ajaran 2017

- 04.52

Daftar Sekolah Teridentifikasi Peserta Didik Berganda Tahun Ajaran 2017

 
Yth. Bapak/Ibu
  1. Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota
  2. Kepala Sekolah SD, SMP, SLB, SMA serta SMK
  3. Operator Dapodik
di Seluruh Nusantara
Assalamu alaikum warahmatullahi wabarakatuh.
Dapodik sudah dipakai menjdai sumber data program-program utama di Kementerian Pendidikan serta Kebudayaan, di antaranya merupakan program BOS. Guna menghasilkan data yng lengkap, benar, mutakhir serta akurat butuh di lakukan validasi data secara terjadwal. Didasari hasil validasi data tanggal 19 September Tahun Ini, system mendeteksi kuat adanya peserta didik berganda. Definisi dari peserta didik berganda merupakan peserta didik yng diidentifikasi percis akan tetapi terdaftar lebih dari satu sekolah. Identifikasi yang telah di sebutkan dilihat dari kesamaan ID peserta didik, nama, tanggal lahir, nama ibu kandung, nama ayah, serta NISN. Data ini dinilai tak valid lantaran tak mungkin pada waktu yng percis peserta didik terdaftar aktif pada lebih dari satu sekolah. Hasil kesepakatan bersama Tim BOS, perlakuan terhadap data peserta didik berganda merupakan menjdai berikut:
  • System menghapus satu dari sekian banyaknya peserta didik dari anggota rombel. Perlakuan ini diterapkan pada peserta didik berganda yng terdaftar di sekolah yng percis.
  • System meregistrasikan keluar kedua data peserta didik menjdai peserta didik tak aktif. Perlakuan ini diterapkan pada data peserta didik berganda yng terdaftar lebih dari satu sekolah.
Penyebab adanya data peserta didik berganda diidentifikasi lantaran perilaku penggunaan Perangkat lunak Dapodik diluar prosedur yng benar, diantaranya merupakan :
  • Peserta didik mutasi/lulus telah diinput/ditarik di sekolah yng baru, akan tetapi di sekolah yng lama belum diregistrasikan keluar menjdai peserta didik mutasi/lulus.
  • Registrasi perangkat lunak Dapodik mempergunakan data prefill yng lama (tak mengunduh kembali dari perangkat lunak generate prefill
  • Installasi Perangkat lunak Dapodik serta input data sekolah yng percis pada beberapa komputer yng berbeda.

Sekolah yng salah satunya dalam daftar validasi peserta didik berganda diharapkan segera melakukan langkah-langkah yang akan di sajikan kali ini : 1. Lakukan sinkronisasi Perangkat lunak Dapodik ataupun registrasi ulang Perangkat lunak Dapodik andai diharapkan. 2. Periksa kebenaran data peserta didik (jumlah peserta didik serta anggota rombel) 3. Identifikasi data peserta didik yng ditandai tak aktif. 4. Andai peserta didik benar terdaftar serta aktif di sekolah pastikan data peserta didik dikembalikan dari menu PD Keluar yang dengannya mempergunakan tombol Batalkan.
5. Sekolah dilarang mengaktifkan data peserta didik yng telah mutasi/lulus/keluar dikarenakan akan masuk kembali kedalam data peserta didik berganda. Andai diharapkan lakukan konfirmasi kepada sekolah yng bersangkutan lantaran hal ini bisa merugikan sekolah dimana peserta didik yang telah di sebutkan aktif terdaftar. 6. Lakukan sinkronisasi bagi atau bisa juga dikatakan untuk mengirim perbaikan data.
Kepala sekolah yng yng teridentifikasi terdapat peserta didik berganda akan memperoleh pesan singkat (SMS) yang dengannya masking DIKDASMEN menjdai pemberitahuan resmi dari Sekretariat Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar serta Menengah. Andai nomorhandphone kepala sekolah tak didapati maka akan diteruskan kepada operator sekolah. Bagi sekolah yng tak memperoleh pesan yang telah di sebutkan berguna data nomor handphone kepala sekolah serta operator yng terdata di Dapodik tak valid ataupun tak diisi. Berita ini disampaikan juga kepada KKDATADIK Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota melalui email.
Mari pastikan data peserta didik di Perangkat lunak Dapodik telah lengkap, benar, mutakhir serta akurat. Atas perhatian serta kerjasama Bapak/Ibu sekalian, kami ucapkan Terimakasih. Wassalamu alaikum warahmatullahi wabarakatuh LINK UNDUHAN Data Sekolah Peserta Didik Berganda
BACA>>>Solusi Erorr Perangkat lunak PMP Era Instal Dapodik Tahun Inib
@Semoga_Bermanfaat


Sumber Rujukan Dan Gambar : http://opsptd.blogspot.com/2016/09/daftar-sekolah-teridentifikasi-peserta.html

Seputar Daftar Sekolah Teridentifikasi Peserta Didik Berganda Tahun Ajaran 2017

Advertisement
 

Cari Artikel Selain Daftar Sekolah Teridentifikasi Peserta Didik Berganda Tahun Ajaran 2017