Guru PAUD di Tuntut Bisa Menngedongeng

- 00.20

Guru PAUD di Tuntut Bisa Menngedongeng

 
As salamuaikum rekan OPS_PTD dimana saja berada mudah-mudahan masih dalam ke adaan sehat selalu
"Anak-anak masa sekarang bahkan sejak usia dini lebih kreatif karena pengaruh televisi dan teknologi. Mereka mendapatkan pembelajaran yang cenderung tanpa pendampingan".
Pemerhati anak yng pula pendongeng Awam Prakoso mengatakan guru pendidikan anak usia dini (PAUD) serta guru taman kanak-kanak dituntut bagi atau bisa juga dikatakan untuk mampu mendongeng menjdai satu dari sekian banyaknya media pembelajaran efektif bagi anak usia nol-enam tahun.
"Mendongeng pun ada teknik dan pembagian usianya. Anak usia nol-empat tahun cukup diberikan dongeng yang sederhana hanya untuk merangsang fungsi pendengaran karena itu perlu menonjolkan intonansi, gerak tubuh, dan volume suara," kata Awam Prakoso pendiri "kampungdongeng.com" pada kegiatan Bimbingan Teknis Kurikulum 2013 PAUD bagi Tenaga Pendidikan si Provinsi Sumut di Medan, Senin.
Sedangkan bagi anak usia lima-enam tahun materi dongeng yng diberikan lebih pada cerita petualangan ataupun adventure yng biasa didominasi oleh cerita fabel ataupun perihal binatang.
Pada usia ini anak sekalian menangkap maksud yng dikandung dalam cerita yang telah di sebutkan, misalnya perihal kebaikan ataupun sifat menang sendiri serta sebagainya, kata Kak Awam.
Kebanykan guru-guru TK serta PAUD, ujar Kak Awam selama ini memberikan pembelajaran yng cenderung memaksakan kehendak guru serta ingin anak mampu menguasai yang dengannya cepat atau juga secara instan.
Padahal tatacara serta materi yng diajarkan cenderung monoton serta berulang-ulang tanpa variasi yng bisa atau mampu merangsang kreativitas anak, katanya.
Dikatakannya, selayaknya guru PAUD serta TK menyadari bahwasanya kondisi anak-anak zaman saat ini berbeda yang dengannya generasi orang-orang dahulu.
"Anak-anak masa sekarang bahkan sejak usia dini lebih kreatif karena pengaruh televisi dan teknologi. Mereka mendapatkan pembelajaran yang cenderung tanpa pendampingan".
Kak Awam mengatakan para guru PAUD kini berhadapan yang dengannya para saingannya/ kompetitor berupa tayangan televisi serta internet menjadikan guru Perlu belajar metode komunikasi yng persuasif, di antaranya melalui teknik mendongeng.
"Mendongeng akan mudah diterapkan oleh guru sebab pada dasarnya semua orang suka bercerita. Modalnya hanya menguasai teknik dan berlatih terus menerus.," tambahnya.
Bimtek Kurikulum 2013 PAUD bagi tenaga pendidik bidang pendidikan anak usia dini berlangsung sejak 21-24 Maret Tahun Ini diikuti guru, pengawas sekolah, kepala sekolah. Kegiatan bimtek akan menjangkau 200 kabupaten-kota di seluruh Indonesia pada Tahun Ini.
@Semoga_Bermanfaat


Sumber Rujukan Dan Gambar : http://opsptd.blogspot.com/2016/03/guru-paud-di-tuntut-bisa-menngedongeng.html

Seputar Guru PAUD di Tuntut Bisa Menngedongeng

Advertisement
 

Cari Artikel Selain Guru PAUD di Tuntut Bisa Menngedongeng