Cara Backup dan Restore Data Dapodik Tahun Ini

- 04.42

Cara Backup dan Restore Data Dapodik Tahun Ini

 
Assalamualaikum Wr Wb dan salam sejahtera bagi pengunjung website dimana saja berada, mudah-mudahan Kamu dalam keadaan sehat selalu dan dilimpahkan RezekiNya… Aminnn….
SEBENARNYA solusi ini UDA Lama Rekan Ops, namun KINI dihadirkan Kembali, krn ada kasus sekolah yng kini belum mempunyai Laptop yang dengannya alasan tidak sedikit' yng ada cuma Komputer (CPU), lucukan jikalau Kalau Komputer itu dibawa kemana-mana' nga kebayang cari jaringan didepan ada MONITOR trus dibelakan ada CPUnya buat cari jaringan, bukan cuma itu ''Jaringan disekolah yang telah di sebutkan lebih galau dibandingkan insetif OPERATOR, heheh, waduhhh kok curhat.. maaf Ya... kawang sesuai Fakta dilapangan. its okkk''' nda usa panjang lebar membahas yang telah di sebutkan,, kita bahas ihwal Cara Backup dan Restore Data Dapodik Tahun Ini.
Backup data Dapodik merupakan membuat cadangan database dapodik pada drive lain bagi atau bisa juga dikatakan untuk mencegah sesuatu yng tak diingingkan. Misal disaat laptop Perlu diinstal ulang, maka tak akan kehilangan data. Semisal kita tahu bahwasanya App dapodik terinstal pada drive "C", itu pengertiannya katika laptop rusak dan mengharuskan instal ulang otomatis data dapodik pula akan ikut terhapus.
Kehilangan data dapodik sebetulnya bukan hal yng Amat serius dan Perlu panik. Hal ini lantaran setiap kita melakukan sinkronisasi, itu pengertiannya sedang mengirim data ke server pusat. Nah andai suatu era kita Perlu intal ulang dapodik maka kita mampu mempergunakan data dari server berupa prefill data dapodik.
Akan tetapi yng jadi masalah, pada era instal Perlu melakukan registrasi ulang dan Perlu mempergunakan kode registrasi. Nah bagaiman andai kita tidak ingat kode registrasi dapodik?
Nah sebelum seluruh itu terlaksana, ada baiknya kita melakukan backup data dapodik pada komputer ataupun laptop kita sendiri. Kelebihan dari tatacara backup data dapodik ini merupakan seluruh data baik data login ataupun data sekolah (siswa,PTK, pembeljaran, dll) tersimpan yang dengannya aman menjadikan disaat menginstal ulang dapodik :
1. Tak butuh download data prefill
2. Tak butuh melakukan registrasi ulang
3. Tak butuh repot mencari kode registrasi Berikut Admin beritahu Cara Backup dan Restore Data DAPODIK Tahun Ini : 1. Klik start
2. Ketik Services
3 Klik Services yang dengannya gambar gerigi
4. Klik pada DapodikdasDB, lantas klik Stop
5. Klik pada DapodikdasWebSrv, lantas klik Stop
6. Buka Windows Explorer
7. Silakan buka direktori C:Program FilesDapodik
8. Copy folder "database"
9. Silakan simpen ataupun paste di Drive D/E/F ataupun drive mana saja yng kamu anggap aman.
Nah, kini kamu telah mempunyai cadangan data dapodik menjadikan lebih terasa aman dari rasa khawatir kehilangan data. Saya sarankan lakukan backup semisal langkah di atas setiap sesudah melakukan perubahan data, apalagi data yang telah di sebutkan belum disinkronisasi, menjadikan kamu tak akan kehlingan hasil pekerjaan kamu.

Cara restore data dapodik hasil backup

Sesudah kamu menginstal ulang dapodik, langkah selanjutnya merupakan memaskukkan data dapodik yng telah dibackup. Bagi atau bisa juga dikatakan untuk tatacara instal saya yakin kamu telah terbiasa. Saat ini kita fokus pada tatacara restore ataupun mengembalikan data dapodik yng telah dibackup saja.
1. Lakuka langkah 1 - 7 pada tatacara backup data dapodik
2. Silakan kamu hapus folder "database"
3. Copy folder "database" hasil backup dapodik
4. Paste pada folder C:Program FilesDapodikdas (mengganti folder yng telah dihapus)
Cara menjalankan DAPODIK sesudah backup dan restore
1. Silakan lakukan ulang langkah 1 - 3 pada tatacara backup data dapodik
2. Klik pada DapodikdasDB, lantas klik Start
3. Klik pada DapodikdasWebSrv, lantas klik Start
4. Silakan bukan dapodik kamu
Nah yang dengannya Cara Backup dan Restore Data Dapodi Tahun Ini kamu telah mampu menyimpan dan mengembalikan data dapodik tanpa Perlu repot download data prefil, tanpa registrasi ulang dan tanpa mengingat kode registrasi. Amat gampang, aman dan menyenangkan.
Andai pendapat dari Kamu bermanfaat silahkan Share...
BACA>>> Cara Mengunduh Progres Pengiriman DAPODIKDASMEN
@Semoga_Bermanfaat.


Sumber Rujukan Dan Gambar : http://opsptd.blogspot.com/2016/08/cara-backup-dan-restore-data-dapodik.html

Seputar Cara Backup dan Restore Data Dapodik Tahun Ini

Advertisement
 

Cari Artikel Selain Cara Backup dan Restore Data Dapodik Tahun Ini