Rambu-rambu Validasi Data Dapodikmen Pada Info GTK

- 07.04

Rambu-rambu Validasi Data Dapodikmen Pada Info GTK

 
Sepanjang perjalanan ini, didalam gerbong kereta yng lumayan dingin, saya ingin tidak banyak membagikan yang dengannya teman-teman operator tunjangan yng dikejar-kejar kepala dinas, mengapa data dikmen tak pernah bertambah. Serta dikejar-kejar operator sekolah, bagaimana tips isi dapodikmen yng selalu salah di info gtk.. Serta saya pula ingin membagikan yang dengannya operator sekolah jenjang dikmen yng selalu begadang memperbaiki datanya yng tidak kunjung valid.. Serta desakan guru yng tidak sabaran menunggu sktpnya terbit...
Selain linieritas bidang studi yng diajarkan yang dengannya sertifikat pendidik, syarat lain yng Perlu dipenuhi agar jumlah jam linier tak berangka 0 merupakan komposisi pengaturan jadwal mengajar. Jumlah jam belajar dalam sebuah rombel tak boleh melebihi ketetapan yng sudah di tentukan, masing-masing jenjang serta tingkat kelas jumlah maksimum jam belajar perminggu taklah percis.
Ada beberapa jenis kelompok mata pelajaran (saya menyebutnya jenis jjm, jadi kalo kelak saya salah ketik merujuk kesini ya). Jenis kelompok mata pelajaran yng ada pada kurikulum SMA KTSP akan berbeda pula bagi atau bisa juga dikatakan untuk SMA K13, jenisnya merupakan :
  1. Wajib/Umum
  2. Peminatan/Jurusan.
  3. Tambahan Wajib.
  4. Tambahan
1. Wajib/Umum Kelompok mata pelajaran ini merupakan kelompok mata pelajaran yng wajib diajarkan pada jurusan serta tingkatan tertentu. jumlah maksimum JJM wajib merupakan sbb :
Andai pengisian rombongan belajar yang dengannya jenis jjm wajib melebihi batasan yang telah di sebutkan, maka rombel yang telah di sebutkan akan dianggap tak normal. Efek dari ketidak normalan rombel merupakan jumlah jam mengajar linier bagi guru yng telah sertifikasi merupakan 0, meskipun guru yang telah di sebutkan telah mengajar sesuai antara mapel yng diajarkan yang dengannya sertifikasi pendidiknya. Andai menemui kasus semisal ini, maka berkoordinasilah yang dengannya wakil kepala sekolah bagian kurikulum, Operator sekolah serta para guru yng terlibat didalam rombel yang telah di sebutkan.
2. Peminatan/Jurusan Kelompok mata pelajaran ini merupakan kelompok mata pelajaran sesuai yang dengannya jurusan yng dipilih, masing-masing jurusan mempunyai mata pelajaran yng berbeda meskipun mungkin ada beberapa matapelajaran yng percis. Jumlah maksimum JJM peminatan/jurusan merupakan sbb :

Percis semisal jenis jjm wajib, andai pengisian rombongan belajar yang dengannya jenis jjm peminatan melebihi batasan yang telah di sebutkan, maka rombel yang telah di sebutkan akan dianggap tak normal. Efek dari ketidak normalan rombel merupakan jumlah jam mengajar linier bagi guru yng telah sertifikasi merupakan 0, meskipun guru yang telah di sebutkan telah mengajar sesuai antara mapel yng diajarkan yang dengannya sertifikasi pendidiknya. Andai menemui kasus semisal ini, maka berkoordinasilah yang dengannya wakil kepala sekolah bagian kurikulum, Operator sekolah serta para guru yng terlibat didalam rombel yang telah di sebutkan. 3. Tambahan Wajib
Kelompok mata pelajaran tambahan wajib ataupun jjm tambahan wajib, kadang masih tidak sedikit yng salah memahami. Yng dimakaud yang dengannya tambahan wajib bukanlah sesuatu yng di wajibkan, namun satu pilihan yng boleh diambil oleh sekolah andai ada mata pelajaran yng tidak lebih mencukupi jumlah jam belajar perminggu sesuai yang dengannya peraturan kurikulum. Jumlah jam yng boleh di tambahkan pada kelompol tambahan wajib maksimum cuma 4 jam. Angka 4 jam ini tak bagi atau bisa juga dikatakan untuk satu mata pelajaran, namun bagi atau bisa juga dikatakan untuk jumlah jam seluruh mata pelajaran yng dimasukan dalam kelompol mata pelajaram tambahan wajib. Percis semisal jenis jjm wajib, andai pengisian rombongan belajar yang dengannya jenis jjm tambahan wajib melebihi batasan yang telah di sebutkan, maka rombel yang telah di sebutkan akan dianggap tak normal. Efek dari ketidak normalan rombel merupakan jumlah jam mengajar linier bagi guru yng telah sertifikasi merupakan 0, meskipun guru yang telah di sebutkan telah mengajar sesuai antara mapel yng diajarkan yang dengannya sertifikasi pendidiknya. Andai menemui kasus semisal ini, maka berkoordinasilah yang dengannya wakil kepala sekolah bagian kurikulum, Operator sekolah serta para guru yng terlibat didalam rombel yang telah di sebutkan.
4. Tambahan Masalah yng timbul dilapangan lantas merupakan adanya mata pelajaran yng diajarkan disekolah namun tak ada matapelajaran didalam kurikulum, semisal matapelajaran kedaerahan ataupun kekhususan menjdai tanda khas. Bagi atau bisa juga dikatakan untuk matapelajaran yang telah di sebutkan dimasukan dalam kelompok matapelajaran tambahan. Kelompok matapelajaran tambahan tak berpengaruh apapun terhadap penghitungan jam pada rombel.
Sebelumnya telah dibahas jumlah maksimum jam perminggu pada masing-masing jenis kelompok mata pelajaran. Sesudah jumlah maksimum masing-masing kelompok mata pelajaran tak terlebih, maka selanjutnya butuh pula dikeathui bahwasanya jumlah masing-masing kelompok mapel tadi akan di akumulasi pada jumlah jam maksimum pada rombel secara keseluruhan dalam seminggu.

Andai jumlah Jam maksimum rombel melebihi dari jumlah yng sudah ditetapkan dalam kurikulum SMA KTSP (kurikulum tahun 2006), maka rombel yang telah di sebutkan dinyatakan tak normal. Efek dari ketidak normalan rombel merupakan jumlah jam mengajar linier bagi guru yng telah sertifikasi merupakan 0, meskipun guru yang telah di sebutkan telah mengajar sesuai antara mapel yng diajarkan yang dengannya sertifikasi pendidiknya. Andai menemui kasus semisal ini, maka berkoordinasilah yang dengannya wakil kepala
sekolah bagian kurikulum, Operator sekolah serta para guru yng terlibat didalam rombel yang telah di sebutkan.
Sekedar saran saja, pengisian jumlah jam mengajar pada masing-masing rombel di kurikulum SMA KTSP bisa dilihat dibawah ini.
Ingat ini cuma saran,.. komposisi jumlah jam disesuaikan yang dengannya peraturan kurikulum yng berlaku.

Mudah-mudahan mampu membantu
Sumber

Sumber Rujukan Dan Gambar : http://opsptd.blogspot.com/2016/04/rambu-rambu-validasi-data-dapodikmen.html

Seputar Rambu-rambu Validasi Data Dapodikmen Pada Info GTK

Advertisement
 

Cari Artikel Selain Rambu-rambu Validasi Data Dapodikmen Pada Info GTK