Menghitung Masa Kerja Dengan Ms. Excel

- 03.52

Menghitung Masa Kerja Dengan Ms. Excel

 
Penghitungan masa kerja Amat dibutuhkan bagi atau bisa juga dikatakan untuk data SDM baik di PNS ataupun swasta. Tak disangkal masa kerja menjadi faktor pertimbangan dalam pemberian gaji, tunjagan, fasilitas, promosi serta sebagainya.
Bagimana tatacara menentukan masa kerja seseorang? Tatacaranya Amat gampang. Kamu mampu hayalkan andaikan belum tahu tatacaranya serta Perlu menghitung satu-satu yang dengannya mengurangkan tanggal era dihiutung yang dengannya waktu seorang pegawai ataupun karyawan mulai bekerja. Bagi atau bisa juga dikatakan untuk bisa menentukan berapa lama sesorang sudah bekerja kamu mampu mempergunakan fungsi datedif. Andai kamu ingin database masa kerja yng mampu bergerak otomatis mampu mempergunakan kombinasi dated if yang dengannya today(). Berikut Tatacaranya:
Ilustrasi
“Bapak Zulham telah bekerja di perusahaan X sejak tanggal 12 Januari 1993. Hari ini staff di bidang personalia ingin mengetahui berapa masa kerja bapak zulham. Apa rumus yang harus dipakai oleh Staff personalia tersebut? Apakah harus menghitung secara manual?”
Si Staff personalia tak butuh menghitungnya manual. Kamu mampu membantunya menghitung masa kerja yang dengannya mempergunakan rumus
=DATEDIF(C3;TODAY();”Y”)
keterangan:
c3 = cell yng berisi tanggal mulai bekerja
Today () = tanggal hari ini
“Y” = format tampilan
tampilan data yng muncul akan semisal gambar berikut

Format Today() mengacu pada tanggal hari ini. Format yang telah di sebutkan mampu kamu rubah yang dengannya tanggal yng dimau-kan sesuai kebutuhan. Misalkan kita ingin mencari masa kerja pa Zulham Arbain pada tanggal 31 Desember 2017 mampu mempergunakan rumus
=DATEDIF(C3;D1;”Y”)
D1 = cell yng kita isikan yang dengannya tanggal 31/12/2017
hasil nya, masa kerja pak zulham percis yang dengannya 24 tahun
masa kerja2

Menyajikan Masa Kerja Lebih Informatif

Penyajian data yng lebih informatif akan lebih membuat mudah penggunanya bagi atau bisa juga dikatakan untuk mengambil keputusan. Nah, data masa kerja yng sudah dihitung yang dengannya mempergunakan ms excel di atas mampu kamu permak menjadi lebih informatif menjdai berikut:

A. Menambahkan Kata Tahun

Bagi atau bisa juga dikatakan untuk menambahkan kata tahun cukup modifikasi rumusnya menjadi
=””&DATEDIF(C3;TODAY();”Y”)&” Tahun”
masa kerja3

B. Menampilkan Durasi Masa Kerja S.D. Bulan Serta Hari

Bagi atau bisa juga dikatakan untuk lebih akurat kamu mampu menambahkan durasi masa kerja dalam bulan serta hari yang dengannya mempergunakan rumus menjdai berikut
=DATEDIF(C3;Today();”Y”) bagi atau bisa juga dikatakan untuk tahun
=DATEDIF(C3;Today();”YM”) bagi atau bisa juga dikatakan untuk bulan
=DATEDIF(C3;Today();”MD”) bagi atau bisa juga dikatakan untuk hari
masing-masing data durasi tahun, bulan, serta hari mampu kamu pisah di kolom yng berbeda ataupun dijadikan satu yang dengannya tampilan lebih informatif yang dengannya rumus
=””&DATEDIF(C3;TODAY();”Y”)&” tahun “&DATEDIF(C3;TODAY();”YM”)&” bulan “&DATEDIF(C3;TODAY();”MD”)&” hari”
Hasil nya akan tampak semisal gambar di bawah ini.
masa kerja4
Butuh dicatat bahwasanya yang dengannya mempergunakan penambahan kata tahu, bulan, serta hari, angka yng tertera tak mampu langsung dipakai bagi atau bisa juga dikatakan untuk perhitungan matematis.
Cukup gampang kan, bagi atau bisa juga dikatakan untuk menghitung masa kerja mempergunakan microsoft excel. Tidak sedikit jalan menuju roma.
@Semoga_Bermanfaat

Sumber Rujukan Dan Gambar : http://opsptd.blogspot.com/2016/03/menghitung-masa-kerja-dengan-ms-excel.html

Seputar Menghitung Masa Kerja Dengan Ms. Excel

Advertisement
 

Cari Artikel Selain Menghitung Masa Kerja Dengan Ms. Excel