Perubahan Pendataan Pada Sekolah Dibawah Direktorat Pembinaan PKLK

- 18.50

Perubahan Pendataan Pada Sekolah Dibawah Direktorat Pembinaan PKLK

 
Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh
Didasari Aturan Menteri Pendidikan Serta Kebudayaan Nomor 11 Tahun Ini wacana Organisasi Serta Tata Kerja Kementerian Pendidikan serta Kebudayaan bisa diketahui bahwasanya terlaksana perubahan nomenklatur organisasi yang dengannya merestrukturisasi beberapa eselon I. Dimana di antaranya merupakan Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar (Ditjen Dikdas) serta Direktorat Jenderal Pendidikan Menengah (Ditjen Dikmen) kembali digabung menjadi satu yakni Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar serta Menengah (Ditjen Dikdasmen). Perubahan yang telah di sebutkan pula diikuti perubahan struktur pada eselon 2 yakni: 1. Direktorat Pembinaan SD Mengelola Satuan Pendidikan pada tingkat Sekolah Dasar 2. Direktorat Pembinaan SMP Mengelola Satuan Pendidikan pada tingkat Sekolah Menengah Pertama 3. Direktorat Pembinaan SMA Mengelola Satuan Pendidikan bagi atau bisa juga dikatakan untuk bentuk pendidikan Sekolah Menengah Atas 4. Direktorat Pembinaan SMK Mengelola Satuan Pendidikan bagi atau bisa juga dikatakan untuk bentuk pendidikan Sekolah Menengah Kejuruan 5. Direktotat Pembinaan PKLK Terlaksana perubahan nomenklatur organisasi, dimana sebelumnya ada Direktorat Pembinaan PKLK Dikdas serta Direktorat Pembinaan PKLK Dikmen maka saat ini digabungkan menjadi Direktorat Pembinaan PKLK yng menangani baik Dikdas (SDLB serta SMPLB) ataupun Dikmen (SMLB).
Penggabungan Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar (Ditjen Dikdas) serta Direktorat Jenderal Pendidikan Menengah (Ditjen Dikmen) menjadi Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar serta Menengah (Ditjen Dikdasmen) membawa konsekwensi penggabungan program-program dari dua lembaga yang telah di sebutkan. Di antaranya merupakan penggabungan program pendataan Dapodik, dimana sebelumnya ada Dapodikdas serta Dapodikmen maka selanjutnya akan digabungkan menjadi Dapodikdasmen. Proses penggabungan Dapodikdas serta Dapodikmen sudah mulai dijalankan, serta hingga yang dengannya era ini yng sudah di lakukan merupakan:
1. Penyamaan versi database 2. Penyamaan tampilan front end/antarmuka perangkat lunak. 3. Merubah nama Software Dapodikmen menjadi Software Dapodik SMA SMK serta Software Dapodikdas menjadi Software Dapodik SD SMP SLB.
Perubahan organisasi pada Direktorat Pembinaan PKLK serta penggabungan Software Dapodikdasmen membawa dampak perubahan pendataan pada sekolah dibawah pembinaan Direktorat Pembinaan PKLK. Perubahan dimaksud diuraikan menjdai berikut: 1. Sebelum penggabungan (dahulu) a. SDLB serta SMPLB menjalankan Dapodikdas b. SMLB menjalankan Dapodikmen c. SLB (sekolah satu atap) menjalankan 2 Software Dapodik, yakni Dapodikdas bagi atau bisa juga dikatakan untuk tingkat SD , SMP serta Dapodikmen bagi atau bisa juga dikatakan untuk SMLB 2. Sesudah penggabungan (saat ini)_ Seluruh sekolah SDLB, SMPLB, SMLB serta SLB menjalankan Software Dapodik SD SMP SLB. Perubahan ini dimaksudkan bagi atau bisa juga dikatakan untuk membuat mudah dalam melakukan pembinaan terhadap sekolah yang telah di sebutkan pula menghindari terjadinya duplikasi data khususnya bagi atau bisa juga dikatakan untuk sekolah satu atap. Demikian berita yng kami sampaikan, atas peratian serta kerjasamanya disampaikan thanks. Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.
SUMBER
@Semoga_Bermanfaat


Sumber Rujukan Dan Gambar : http://opsptd.blogspot.com/2015/08/perubahan-pendataan-pada-sekolah_27.html

Seputar Perubahan Pendataan Pada Sekolah Dibawah Direktorat Pembinaan PKLK

Advertisement
 

Cari Artikel Selain Perubahan Pendataan Pada Sekolah Dibawah Direktorat Pembinaan PKLK