Informasi Seputar Perpanjangan STNK Online

- 14.10

Informasi Seputar Perpanjangan STNK Online

 
Mengurus pembayaran perpanjangan masa berlaku surat ciri nomor kendaraan (STNK) gak butuh datang ke kantor samsat. Peraturan itu tercantum dalam Pasal 16 Aturan Presiden Nomor 5 Tahun Ini.
“…bahwa pelayanan penerimaan pembayaran pajak STNK bisa dilakukan lewat transaksi elektronik, contohnya ATM.”
Jadi saat ini kita gak usah ribet menuju samsat serta capek-capek ngantre buat membayar pajak kendaraan tahunan di sana. Kita gak butuh menguatkan iman menahan godaan calo yng bergentayangan memperlihatkan jasa ilegal.
Buat yng terbiasa pakai jasa calo, ehm sapa tuuh…? Ini pengertiannya anda sekalian pula mampu mengirit pengeluaran lantaran gak butuh lagi bayar makelar buat ngurus STNK.
Sebelum ada peraturan pembayaran via transaksi elektronik ini, system perpanjangan STNK online telah berlaku di tiga wilayah di Indonesia. Ketiganya merupakan DKI Jakarta, Jawa Barat, serta Banten.
Jadi orang yng ber-KTP Bekasi, misalnya, mampu mengurus pengesahan STNK di Jakarta. Walaupun gak seluruh samsat di wilayah itu melayani pengurusan STNK online.
Pengaturan wilayah pelayanan samsat yng mampu diakses secara online meliputi: A. Samsat Wilayah DKI Jakarta (Jakarta Pusat, Jakarta Utara, Jakarta Barat, Jakarta Selatan, Jakarta Timur) bisa diproses di Samsat BSD, Samsat Cinere, serta Samsat Cikokol.
B. Samsat Wilayah Banten (BSD, Cikokol, Ciledug, Ciputat, Balaraja) bisa diproses di Samsat Jakarta Selatan serta Samsat Cinere.
C. Samsat Wilayah Jawa Barat (Depok, Cinere, serta Cikarang-Bekasi) bisa diproses di Samsat Jakarta Selatan, Samsat BSD, serta Samsat Cikokol.
Beberapa samsat di wilayah lain pula sudah menerapkan pelayanan STNK online ini. Bagi atau bisa juga dikatakan untuk lebih tahu soal pengurusan pengesahan STNK secara online, simak 8 berita seputar perpanjangan STNK online yang akan di sajikan kali ini:

1. e-SAMSAT RIAU


Bagi atau bisa juga dikatakan untuk Provinsi RIAU Silahkan Cek Secara Online Pajak Kendaraan Kamu DISINI

2. Cek pajak online

samsat online
Samsat serta Dinas Pelayanan Pajak DKI Jakarta punya layanan bagi atau bisa juga dikatakan untuk mengecek pajak STNK. Tatacaranya, masukkan nomor polisi yng yng dicek ke kolom yng ada di situs Samsat Jakarta. Andai angka di tengah tidak lebih dari 4, masukkan angka 0 di bagian depan.
Misalnya plat nomor B 123 RFS. Bagi atau bisa juga dikatakan untuk mengecek, masukkan B 0123 RFS.
Kalau keluar keterangan “Nomor Kendaraan : B [plat nomor] Tidak Ada”, mungkin besar plat nomor itu tidak terdaftar di samsat DKI. Kalau proses sukses, akan muncul berita soal pajak kendaraan terkait, salah satunya jadwal jatuh tempo.
Yng mau bikin hubungan pacaran Lebih greget, mampu pakai layanan ini bagi atau bisa juga dikatakan untuk mengecek data pajak kendaraan pacar. Kalau sebenarnya jadwal bayar udah deket, ingetin si yayang. Daripada chatting cuma ingetin buat makan ataupun mandi. Lebih greget kan? Hehe.

3. Samsat Terpadu di Jawa Barat

samsat terpadu jawa barat
Pada 2010, Polda Jawa Barat serta dinas terkait bikin gebrakan hebring. Perpanjangan STNK online mampu di lakukan di seluruh wilayah Polda Jawa Barat!
Namun bukan berguna kita tinggal duduk manis di depan komputer yng tersambung Internet doang buat ngurus STNK itu. Sesudah selesai proses lewat online, proses akhir tetap di lakukan di samsat terdekat.
Jadi kalau anda sekalian tinggal di Bekasi namun STNK keluaran samsat Cirebon, mampu ngurus pengesahan STNK tahunan di Bekasi. Gak butuh ngibrit keluar ongkos tidak sedikit ke Cirebon cuma buat ngurus STNK.
Waktu pelaksanaan Samsat Online Terpadu Polda Jawa Barat:
Sehari-hari kerja 08.00-16.00 WIB. Tempat :
Wilayah Polda Jabar : Seluruh Samsat Polda Jabar
Wilayah Polda Metro Jaya : Samsat Bekasi serta Samsat Cikarang

4. E-Samsat Jawa Barat

e-samsat jawa barat dengan bank bjb
Sesudah samsat online, Polda Jawa Barat bikin E-Samsat bekerja percis yang dengannya Bank BJB. Lewat program ini, pemilik rekening Bank BJB mampu membayar pajak STNK lewat ATM Bank BJB.
Syaratnya, data STNK serta data pemilik rekening Perlu persis plek. Alur pembayaran pajak STNK lewat E-Samsat Jawa Barat yakni: 1. SMS dari wajib pajak yang dengannya format: esamsat [no.chasis] [no.KTP] [email]
2. Kirim ke 08112119211
3. SMS Gateway Server Dispenda Software Samsat
4. Cek status data NIK/KTP, curanmor, serta blokir ke server polda
5. Kirim SMS jawaban ke wajib pajak: kode bayar, data kendaran, serta jumlah tagihan
6. Bila SMS data kendaraan serta jumlah penetapan telap disepakati, wajib pajak datang ke ATM Bank BJB (data wajib pajak Perlu percis yang dengannya pemilik rekening di BJB)
7. Ikuti langkah membayar di ATM yang dengannya memilih opsi pajak kendaraan serta memasukkan kode pembayaran
8. Bisa struk ciri bukti bayar pajak
9. Datang ke kantor samsat bagi atau bisa juga dikatakan untuk menukar struk yang dengannya SKPD
10. Mendapatkan SMS berisi konfirmasi pembayaran

5. Samsat Drive Thru DKI

samsat drive thru DKI kerja sama dgn Bank DKI
Kalau Jawa Barat punya E-Samsat, DKI punya Samsat Drive Thru. Nasabah Bank DKI mampu bayar pajak STNK lewat ATM Bank DKI berkat layanan ini. Sedangkan non-nasabah mampu membayar ke loket bank itu.
Selain itu, ada sejumlah gerai Samsat Drive Thru, antara lain: 1. Samsat Polda Metro Jaya Jakarta TimuR
2. Samsat Polda Metro Jaya Jakarta Utara
3. Samsat Polda Metro Jaya Jakarta SelataN
4. Samsat Polda Metro Jaya Jakarta Barat
Di Samsat Drive Thru itu kita gak butuh ngisi formulir macam-macam kayak di samsat biasa. Cukup berikan STNK, BPKB, serta KTP atas nama BPKB, bayar, lalu pulaaang.

6. E-Samsat Jawa Timur

e-samsat jawa timur kerja sama dgn Bank Jawa Timur Jawa Timur pula punya E-Samsat, namun mampu disebut fiturnya lebih keren ketimbang E-Samsat Jawa Barat. Soalnya di Jatim biaya perpanjangan STNK online ga cuma mampu dibayar lewat ATM, namun pula teller Bank Jawa Timur, malah mobile banking serta Internet banking.
Tahap-tahap pembayarannya tersedia di situs Bank Jatim. Tahap itu meliputi memasukkan data ke halaman e-samsat Jatim. Sesudah itu, kita akan dituntun bagi atau bisa juga dikatakan untuk mengikuti proses selanjutnya.

7. Samsat Online Jawa Tengah

ATM Samsat-Bank Jawa Tengah Provinsi Jawa Tengah pula telah menerapkan Samsat Online agar mempermudah pembayaran pajak. Percis semisal di Jawa Barat serta Jawa Timur, Samsat Online di Jateng bekerja percis yang dengannya bank daerah setempat.
Namun pemilik kendaraan cuma mampu bayar pajak tunggangan orang-orang di ATM Samsat-Bank Jawa Tengah. ATM ini khusus dibuat bagi atau bisa juga dikatakan untuk membayar pajak online.
Di setiap kantor samsat di Jawa Tengah ada ATM khusus ini. Capcus aja langsung ke samsat di daerahmu bagi atau bisa juga dikatakan untuk mengecek layanan ATM Samsat ini. Informasi pajak kendaraan Jateng mampu dicek di situs Dispenda Jateng.

8. SMS cek STNK

SMS samsat cek stnk Selain mengecek berita STNK via Internet, kita pula mampu mengaksesnya lewat SMS. Namun belum seluruh provinsi punya layanan cek STNK lewat SMS. Padahal gak cuma soal pajak yng mampu dicek di sini, namun pula keasliannya.
Kalau orang jual motor, misalnya, pakai STNK abal-abal, mampu kita cek nomor platnya apakah ada di data samsat. Kalau sebenarnya plat itu palsu atau juga dibikin di pinggir jalan, bakal ketahuan.
Yang akan di sajikan kali ini layanan SMS cek STNK di 4 provinsi di Indonesia:
  1. Jawa Timur
    SMS : JATIM PlatNomorKendaraan
    semisal: JATIM L2222DS
    Lalu kirim ke 7070
  2. DKI Jakarta
    SMS : METRO PlatNomorKendaraan
    Semisal: METRO B1234PUT
    Lalu kirim ke 1717
  3. Jawa Barat
    SMS : poldajbr PlatNomorKendaraan
    semisal: poldajbr D4545JK
    Lalu kirim ke 3977
  4. Jawa Tengah
    SMS : JATENG PlatNomorKendaraan
    semisal: JATENG AD4784KD
    Lalu kirim ke 9600
  5. DI Yogyakarta
    SMS: DIYPlatNomorKendaraan
    semisal: DIY AB2345UO
    Lalu kirim ke 9600

9. Twitter Samsat Twitter samsat info jadwal sim stnk keliling Namun tentu Pak Polisi ataupun Bu Polwan gak bakal nge-twit soal kegalauan orang-orang ataupun pamer makanan lewat akun Twitter Samsat. Orang-orang pakai Twitter buat kasi berita soal berita samsat, kayak lokasi SIM serta STNK Keliling.
Buat ngecek apakah samsat di daerahmu punya akun Twitter, langsung hubungi Mbah Google. Tatacaranya, ketik “Twitter””Samsat””Nama Daerah” terus klik “search”.
Semisal “Twitter Samsat Cinere”. Kelak akan keluar nama akun Twitter samsat yang telah di sebutkan kalau kantor itu telah bikin akun Twitter.
Itulah sederet berita yng wajib diketahui seputar pengurusan STNK online. Memanglah sih, belum seluruh daerah menerapkan system online ini. System online ini pula baru berlaku buat membayar pajak tahunan.
Pastinya kita berharap system ini diterapkan di seluruh Indonesia serta berlaku pula buat pembayaran STNK lima tahunan. Karena lewat system online ini, kita mampu terhindar dari calo-calo yng bikin masyarakat keluar uang lebih tidak sedikit.
Sumber @Semoga_Bermanfaat


Sumber Rujukan Dan Gambar : http://opsptd.blogspot.com/2015/11/informasi-seputar-perpanjangan-stnk.html

Seputar Informasi Seputar Perpanjangan STNK Online

Advertisement
 

Cari Artikel Selain Informasi Seputar Perpanjangan STNK Online